Senin, 24 Agustus 2009

BROTHERHOOD OF DREAMZ

Flash back

Ga kerasa yahg, rasanya baru kemaren kita masuk SMA. Di ospek, masuk yg namanya organisasi ini, cari temen, penugasan, mempelajari materi, ikut CPD. Pokona semua yg jadi awal & proses.

Pertama masuk organisasi yg di bina oleh Mr. Wiwi, awalnya anak-anak siga nu caricingeun kabeh, eh… tapi kadieu-kadieu garelo. Ya maklum welah kitakan mimitina teu arapal karakter barudak karumaha coz kita berasal ti kelas nu berbeda-beda kan..

Hari pertama yg seakan biasa namun setelah waktu terus berjalan, semua menjadi berbeda. Kita banyak belajar disini & banyak temen baru. Cari pengalaman baru & seru juga pengetahuan baru & luas.

Awalna mah kita diberi materi, praktek oleh para senior, yaitu angkatan 12 & alumni pula. Lalu kita di uji dalam segi apapun & kitapun ikutan yg namanya diklat, CPD, demo pas PPA, KGB sampe sertijab. Saat CPD & sertijab juga KGB & demo, inilah, kita ga kan lupa nih semua, susahnya ngelewatin ini.

Saat masuk organisasi ini dimulai dengan kegiatan latihan setiap kamis & sabtu. Disini anggotanya cukup banyak lebih dari 100 orang, lalu ada yg namanya DIKLAT pembagian NRIS yg bertempat di kampus kartika pada hari minggu dari pagi sampe sore, saat siang bekal makanan anak-anak di kumpulin & disatukan semua di atas daun pisang & anak-anak pun makan sama-sama, ga mengenal jorok, padahal makanan itu ke campur semua, dari nasi, mie, biscuit, roti, snack, coklat, + kayu putih, dll. Lalu ada CPD 1 yg di selenggarakaan di bihbul/kebun sekolah, yaitu daerah babakan cimahi, ujung berung,di bawah kaki gunung manglayang. Disini kita diwajibkan membawa penugasan & disinilah awal terbentuknya kata “MAZEBI 13”. Disini yg ikut mensurut entah kenapa, jadi 41 orang (5 cowo & 36 cewe) & bareng ma besek, DKM, jadi anggota kita pun ada yg ikut ekskul lain. Kita berangkat dari skul naek 2 truk tentara, 3 ekskul gabung semua, desek-desexan, dempet-dempetan. Di turunin di lapangan trus di barisin & kita hiking ‘menuju puncak’ si aki, panas-panas berat bvawaannya lagi. Sesampenya di atas kita pada pasang tenda, tempatnya berada di bawah pohon jengkol dan tanahnya pun miring, ga lupa pasti ada yg namanya ‘jurit malam’ atau anak-anak bilangnya ‘pos-posan’ yg dilaksanakan di sekitar gunung, lembah dan hutan, pada tengah malam. Disini pasti di omelin jalan bebek, harimau merunduk, dolphin, push up, dll. Pada pos 1 ditanya janji, pos 2 pembalutan, pos bayangan (what haven?? Cuma anak cowo yg paling seru disini), nyebrang sungai, anak cowo di suruh pulang pas di pos 3, mau aja dasr bego, ha…ha… eh taunya di marahin sampe-sampe anak-anak cowo mau di tendangin 1-1. Pas mau tidur anak-anak pada berisik, ada yg ngegosip,nepi cucurhatan, makan, pa tarik-tarik hitut, maok jagong, g****g saha tah?! Karena spas siangnya gerimis mengundang jadi tenda agak basah-basah. Paginya pene]yerahan batu merah kepada kepala sekolah. Siangnya anak-anak di kumpulin, tutup mata-tutup telinga. Ada yg di suruh nembak alumni,ada yg lari-lari sambil teriak-teriak, nyanyi, nah yg ini semua anak-anak diwajibkan nyanyi ‘MENUJU PUNCAK – AFI’ . Joget-joget, joget patah-patah, ngebor, dll “+++”. Penyiksaan di mulai sebelum pulang anak-anak di suruh turun ke bawah (lebah kecil) di suruh turun ke sungai & jalan harimau merunduk & dolphin di sungai trus mandi lumpur sambil di lempari lumpur trus di ‘poe’ di panaskeun, anak-anak pada nyanyi lagu syukur sampe pada nangis & baca janji + kena tampol 1-1. Disini sarapan anak-anak ‘jengkol’ setiap hari- setiap makan, sama daun gedang, sambel, asin, dll.

Pulangnya kita hiking lagi sampe lapangan yg diturunkan pas berangkat, jauh brow ker mah cararape, panas, berat kantong deui eh di titah mawa barang lain deui. Di truk the bararau ha…ha… balalik ‘pingsan’.

Pas anak kelas 3 baksos anak-anak pada ngejaga, tiap kelas ada yg jaga, pas malamnya pas mabit anak-anak juga pada ngejaga jadi nginep. Trus pas UNAS/UAN juga kita pada jaga & pas praktek olah raga juga praktek US 2. Untuk mendapatkan no. NRI kita di haruskan mengikuti ujian di PMI tapi yg ikut Cuma 40 orang, & SKU pun di isi. CPD 2 di Kartika kan 4 hari, hari pertama ada 7 orang, hari ke-2 10 orangbareng ama yg LDKS sekaligus jadi TIMKES ini the pas liburan semester jadi we dikitan, kita disini di kasih syal kuning, 5 dari anak yg ikut LDKS jadi 15 & sisanya lagi dalam acara susulan. Dan total anggota jadi 26 anggota, turun, tapi dari sini tiap ada acara anggota yg datang selalu segini & jumlah ini bertahan hingga perpisahan sekolah. Anak-anak pada upacara 17 agustusan di balkot semuadatang dan pulangnya kita ke skul lagi trus ada yg ngasih nasi kuning 1 tumpeng & kita pun melahap bareng-bareng dalam 1 tumpeng sama rame-rame. Pas sertijab di skul anak-anak datang 26 orang tapi ada yg terlambat karna habis nyanyi dulu di pendopo & disinilah pemilihan sang komandan beserta staff. Disini awalnya kita-kita jadi DP atau Dewan Pengurus, semua agenda & kegiatan-kegiatan kita yg buat & yg mengurus organisasi. Dan kita pun harus datang bila ada undangan tapi biasanya kita walau ga ada undangan datang aja, pokona harus datang entah undangan yg masuk dari dalam skul ataupun luar skul ataupun sebuah perlombaan.

Disini kita merasakan repotnya nyiapin acara, gendoknya di carekan ku senior, alumni, Pembina,dll. Capedeh mun kita nyiapken acara, cape awak-cape hate, komo mun te balek mah. Oiya ada satu ha lank.13 kalo buat acara tuh selalu ngadadak wae tapi kita ga pernah mngundur acara & selalu sukses wae lah hahaha. Indit sakola ti isuk kadang subuh balik peting, kadang nginep buat ngeberesin acara sampe kita-kita banyak ketinggalan pelajaran. Komo pas acarana wah etamah te ka baying deui nepi poho dahar & te sempet sare. Komo deui pas jadi TIMKES parah etamah, ngajagaan, ngangkutan pasien, komo mun rea nu pingsan, kita stand by 24 jam, te sare, komo pas KGB, 3 hari 2 malam. Pas acara PPA kita demo di depan anak-anak yg baru masuk kelas 1 & pulang acara itu kita di kumpulin dengan angkatan 12 juga dan kita sama-sama di hukum oleh alumni, biasa di titah push up tapi sampe 7 seri bahkan lebih, make aya ½ sagala, disitu kita 2 minggu full ngaja anak-anak siswa baru & nyiapin acara buat demonya. Tapi dengan ini kerasa banget rasa kekeluargaanna & nganggap skul ini jadi rumah ke-2. Kita juga suka nongkrong bareng, ngerjain tugas bareng, makan bareng, sakatel ku sarerea dahar di katel nadeui wahaha bahkan tidur bareng awewe lalaki jeng saha we siga pindang teuing lauk terdampar, kadang kalo lagi ada masalah suka kue cucur alias cucurhatan pokona rame bae lah…

KGB

Berangkat naek truk sampe disana siangnya hiking & ikut outbond. Ada cobaan waktu itu, ada pasien yg harus di tandu tapi medan yg di lalui berbeda, cukup sulit, jalannya hanya bisa dilalui oleh 1 orang / jalan setapak, sebelah sisinya tebing dan saatunya jurang. Kita bingung tapi akhirnya kita bisa walau jalan itu sulit dilalui dengan membawa tandu, asalnya mau di gendong aja tapi pasiennya cewe trus mau lewat jalan yg sama seperti anak-anak yg lain lewati tapi kan bahaya juga, kita juga harus panjat tebing dengan membawa tandu.

Besoknya pagi-paginya kita hiking lagi tapi berbeda jalan, sekarang ke tempat sapi perah, di sini ada satu cerita dimana ada pasien yg jatuh trus pingsan dan anak cowo mecahin pipa aliran air sampe banjir, jalan disini bener-bener ekstream, kita ke walahan, cape banget, tapi pas sampe tempat sapi perah kita di kasih susu sapi,dan pulangnya kita jalan lagi, wah bener cape. Pulangnya sampe di skul kita di sambut oleh anak-anak karawitan, dan pulangnya si kembar tidur di skul lagi karna masih leles badannya sampe sorean, magrib anak-anak baru pada pulang.

Pas kita ikut KGB pas kita jadi purna ada 2 anak cowo, sakit, bukannya nolongin malah sama-sama di tolongin, hehehe, tapi mereka kuat, memang lagi ga fit situasinya syh.

Pas kita jadi DP anak-anak sok aya tah nu karabur ti imah saking ku haying na kumpul jeng barudak. Oh heeh aya deui hayang kumpul nepi ken ngadu ka pa wiwi. Sok ngalalawan kolot-kolot na deui. Kita selalu mengikuti acara-acara seperti, seminar, upacara,donor darah, yg paling inget pas dapet undangan dari Pemkot Bandung untuk mengikuti seleksi & latihan sebagai pendukung acara peringatan 50 tahunnya KAA, kita bener terkuras 1 bulan penuh. Papanasan teu di bayar deui malah beak duit, sok di carekan ku saha we etamah di lapangan ker latihan jeng sakola jeng oge nu di imah. Jangarlah tapi kita tetep seneng. Subuh- subuh teh kudu ges aya di tempat terkadang nepi peting deui, te dibere dahar. Ditambah sertifikat na lengit deui.

Oiya anak cowo-cowo pernah malu-malu pake in, waktu itu kita jadi TIMKES PASKIBRA, anak-anak PASKIBRA lagi pada hiking/jalan-jalan, cowo-cowo berlimaketinggalan & kehilangan arah & mereka malah ke gasibu, pas disana orang-orangpada ngeliatin anak-anak cowo dengan aneh, kan pas minggu pagi rame banget tuh, dah mah mereka tuh seragamnya aneh-aneh, ada yg pake baju PDH & ada juga yg pake PDL, pake syal eh bawa tas P3K lagi & obat-obatan + oxican, untung we te mawa tandu. Benget te sarare tea deui, kummel, can mararandi. Pas nyampe skul the kita-kita pada ketawa-ketiwi we…

Pas kelas 3 waktunya menyerahkan jabatan pada kelas 2. Pas sertijabnya kita ngelaksanain di kampus kartika tapi besok harinya atau pelantikannya kita ngadainnya di curug bubrug. Kita berangkat naek truk tentara beserta alumni. Kita turun di terminal parongpong, dari sini kita semua jalan kaki sampai ke curug, sesampainya di curug anak-anak pada nyemplung di air semua, dan disini lah pelantikan di mulai. Pulangnya kita lewat jalan yg berbeda, kita lewat jalan ke tebing, lalu lewat villa-villa dan tembuslah di terminal, dan kita pun pulang kembali ke skul. Sebelum acara ini anak-anak cowo survey terlebih dulu, mereka berangkat setelah jum’atan, naek angkot, karna anak-anak ga tau tempatnya, anak-anak sempet bablas sampe akhirnya ketemu, disana mereka hanya sebentar dan istirahat di warung terdekat, selagi anak cowo survey anak cewe-cewe mengurus kepentingan yg lainnya di skul dan menunggu anak cowo pulang tapi mereka nunggu sampe magrib, anak-anak cowo masih belum pulang sampe mereka pulang ternyata anak cowo nyampe skulnya malam sudah isya, dan mereka pun menyelinap masuk skul malam –malam karena dah sepi dan juga dah di tutup gerbangnya, siga maling wae.

Saat ini pula kita ga boleh terlalu aktif di organisasi namun kita-kita selalu ada untuk membantu & kumpul-kumpul, walau kita dah purna tugas tapi kita masih ngerasa boga tanggung jawab ka adik kelas kita & kita pun selalu bantu & memantau mereka walau sok oge di carekan ku guru-guru jeng nu di imah oge & pas CPD, PPA & KGB pun kita selalu ada.

Tapi bener uy teu karasa rarasaan teh asa karek kamari asup ieu sakola teh, eh ayena semua ges tinggal kenangan & kita hanya bisa lakukan, menikmati & merasakan hari-hari yg akan datang . kita sekarang sudah pararisah, ges boga kegiatan anyar, baturan anyar, ges boga acara masing-masing lah, mungkin keluarga baru atau sudah nikah. Meuren ayena mahhese keur ketemuan jeung karumpul deui mah uy… ahhh….

Walau kita dah pisah tapi tonk poho jeng tonk jauh jeng kita-kitanya. Geus ah cape caritana, loba teuink syh, aduh tinta na ge dek beak… rea teuink caritana uy mun di caritakeun kabeuh mah, inget-inget we lah sorangan dalam kenangan kita-kita key atau ntar pas kita ketemuan bareng-bareng lagi & buat cerita untuk anak & cucu kita kelak.

Terlalu banyak banget kenangan uy….